Manfaat Blueberry Untuk Pasien Penyakit Kanker

Studi terbaru mengungkapkan manfaat buah antioksidan yang kaya akan cranberry untuk membantu melawan sel kanker.

Saat mempelajari fase dan siklus menstruasi strain sel kanker serviks pada manusia, tim peneliti menemukan bahwa menambahkan ekstrak cranberry ke terapi radiasi dapat secara signifikan memperbaiki keefektifan pengobatan menurut penelitian ini. Yujiang Fang dari Fakultas Kedokteran Universitas Missouri-Columbia yang hasilnya dipublikasikan di Patologi dan Penelitian Onkologi.

Dalam penelitian mereka, para peneliti berusaha untuk menentukan apakah ekstrak cranberry dapat digunakan sebagai radiosensitizer, senyawa yang membuat sel kanker lebih rentan terhadap terapi radiasi.

Dr. Fang dan rekan-rekannya menemukan bahwa resveratrol, senyawa yang ditemukan dalam anggur dan anggur merah, membantu meningkatkan sensitivitas sel kanker prostat terhadap terapi radiasi.

Para peneliti mencatat bahwa blueberry juga mengandung resveratrol, selain flavonoid. Flavonoid, menurut Dr. Fang, adalah zat kimia yang bisa memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi dan antibakteri.

Tim tersebut menguji ekstrak cranberry pada sel kanker manusia dalam sebuah penelitian baru-baru ini. Penggunaan ekstrak dievaluasi sendiri dan dikombinasikan dengan radioterapi, dan pengaruhnya dibandingkan dengan radioterapi saja.

Sementara terapi radiasi saja mengurangi jumlah sel kanker hingga 20 persen, ekstrak cranberry saja bisa mengurangi 25 persen sel kanker, kombinasi ekstrak cranberry dan terapi radiasi bisa mengurangi jumlah sel kanker. Cervix sekitar 70 persen.
Para peneliti menjelaskan bahwa ekstrak cranberry tidak hanya membuat sel kanker lebih sensitif terhadap radiasi, namun juga mengurangi pertumbuhan sel abnormal yang memicu perkembangan kanker.

"Sel kanker mencegah kematian melalui revisi," kata Dr. Fang. "Seiring dengan penurunan proliferasi sel, ekstrak trik sel kanker menjadi sekarat, sehingga mencegah kelahiran dan memicu kematian sel kanker," katanya.

Penelitian cara melancarkan haid lebih lanjut masih diperlukan, namun para periset mengatakan temuan mereka menunjukkan bahwa cranberry dapat menjadi strategi pengobatan yang menjanjikan untuk kanker serviks dan kanker lainnya, menurut pernyataan Medical News Today.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

8 Mitos Tentang Obesitas dan Penurunan Badan yang Salah

Ngabuburit Dengan Bermain Musik Bisa Tingkatkan Kesehatan Otak

Makanan dan Minum yang Tidak Baik Untuk Kekuatan Tulang